script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"> Blog vektor Pengertian, Macam, Ciri-ciri, Contoh Puisi (Lama, Baru, dan Kontemporer) | Teknologi

Pengertian, Macam, Ciri-ciri, Contoh Puisi (Lama, Baru, dan Kontemporer)



PENGERTIAN PUISI

Puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh rima (persamaan bunyi), irama, nada, intonasi, serta penyusunan larik dan bait.





TEMA PUISI ANTARA LAIN :

a. ketuhanan (keagungan tuhan)
b. keindahan alam
c. kritik sosial
d. kemasyarakatan (masalah sosial)
e. cinta dan kasih sayang
f.  patriotisme (kepahlawanan), dll.


CARA MEMAHAMI PUISI :  

1. memperlihatkan judulnya
2. memperhatikan kata-kata yang dominan
3. memperhatikan kata-kata yang sulit dipahami
4. mencari maknanya perlarik, perbait, dan mencari hubunganya 
    secara keseluruhan
5. memparafrasekan (memprosakan)


LANGKAH-LANGKAH MENULIS ATAU MEMBUAT PUISI :

1. menentukan tema
2. mencari bahan atau matei
3. menentukan jenis puisi yang ditulis
4. menentukan unsur-unsur isi puisi ( baris, bait, diksi, majas, rima,
    irama, kata denotatif, kata konotatif, dll.)
5. menentukan struktur, bunyi bahasa, bunyi sintaksis (baris,
    bait, makna)
6. menentukan struktur batin atau hakikat puisi (perasaan, 
    makna lugas, 
    makna kias, simbol/lambang, amanat, dll.)
7. menulis puisi

CATATAN :

Parafrase adalah menguraikan kembali puisi dengan kata-kata sendiri yang bertujuan untuk mempermudah memahami maksud atau makna puisi.



MACAM-MACAM PUISI :

A. Menurut isinya, meliputi :

1. elegi      : duka nestapa
2. ode        : puji-pujian kepada seorang bangsa, negara, sesuatu 
                    yang mulia
3. romance : cinta kasih
4. didaktik  : pendidikan
5. lirik        : ungkapan hati atau perasaan (lagu)
6. himne    : pujian kepada tuhan
7. naratif    : cerita
8. epik       : ajaran moral (nilai baik buruk)
9. satirik    : mengecam, mengejek, sinis, kasar, sindiran
10. balada  : cerita (kisah hidup)



B. Menurut jamanya

Puisi lama antara lain :


1. mantra     : puji-pujian sesuatu yang ghaib dan dikeramatkan 
                     ( tuhan, dewa, roh halus, binatang, dll.)


2. pantun     : perbait 4 baris, bersajak ab-ab, baris 1-2 sampiran, 
                     baris 3-4 isi

3. karmina    : perbait 2 baris, bersajak a-a, antara baris pertama dan
                      kedua tidak mempunyai hubungan sebab akibat

4. gurindam  : perbait 2 baris, bersajak a-a, antara baris pertama dan 
                      kedua mempunyai hubungan sebab akibat

5. syair         : perbait 4 baris, bersajak aa-aa

6. talibun      : perbait lebih dari 4 baris

7. seloka       : pantun berbingkai, kalimat baris 2 dan 4 pada bait
                      satu, diulang pada kalimat kesatu dan kedua 
                      pada bait kedua


8. bidal         : menggunakan bahasa kias

9. kitah         : dari arab, berisi nasihat, mendidik

10. gazal       : dari arab, berisi cinta kasih

11. nazam     : dari arab, berisi cinta sahaya, raja, sultan, pangeran, 
                       bangsawan, istana.

12. rubai       : dari arab, berisi nasihat, pemujaan.

13. masnawi  : dari arab, berisi puji-pujian tentang tingkah laku 
                       seseorang yang mulia.



Puisi baru antara lain:

1. distikon          : dua baris perbait
2. tersina           : tiga baris perbait
3. kuatrin           : empat baris perbait
4. kuin               : lima baris perbait
5. sektet             : enam baris perbait
6. septima          : tujuh baris perbait
7. stanza/oktava : delapan baris perbait
8. sonata            : dari italia, berjumlah 14 baris



Puisi kontemporer (modern/mutakhir)



C. Menurut bentuk pengungkapanya :

1. puisi diafan           : mudah dipahami, menggunakan kata denotatif
                                  (bermakna lugas/apa adanya)
2. puisi prismatis: menggunakan kata denotatif dan kata konotatif
3. puisi kamar           : dibuat untuk diri sendiri
4. puisi auditorium    : dibaca untuk khalayak ramai (untuk lomba)
5. puisi kontemporer (abstrak) : sulit dipahami maknanya






I. PUISI LAMA


1.KARMINA (PANTUN KILAT)


a. ciri-ciri karmina:


1. satu bait terdiri dari dua baris
2. bersajak a-a
3. antara baris pertama dan kedua tidak mempunyai hubungan 
    sebab-akibat
4. sering dipakai untuk teka-teki


b. contoh karmina:

1. dahulu parang sekarang besi
    dahulu sayang sekarang benci

2. sudah gaharu cendana pula
    sudah tahu bertanya pula

3. dang dut tali kecapi
    kenyang perut senanglah hati

4. ujung bendul dalam semak
    kerbau  mandul banyak lemak



2. GURINDAM

 gurindam berasal dari kata kirandom (bahasa tamil). populer 
 di indonesia pada abad ke-19. sastrawan lama yang terkenal 
 menggemari gurindam yaitu Raja Ali Haji. gubahan Raja Ali Haji
 terkenal yaitu gurindam 12.


a. ciri-ciri gurindam:


1. satu bait terdiri dari dua baris dan masing-masing berdiri sendiri
2. bersajak a-a
3. kedua baris merupakan kalimat majemuk dan mempunyai 
    hubungan sebab-akibat
4. biasanya mengandung nasihat, petuah, dan kadang-kadang sindiran


b. contoh gurindam:

1. kurang pikir kurang siasat
    tentu dirimu kelak tersesat

2. barang siapa meninggalkan sembahyang
    seperti rumah tidak bertiang

3. kalau mulut tajam dan kasar
    kelak ditimpa bahaya besar

4. jika hidup setiap sekata
    tentu sampai segala cita-cita




3. PANTUN


a. ciri-ciri pantun:


1. tiap bait terdiri dari empat baris
2. tiap baris terdiri atas 4-6 kata, atau 8-12 suku kata
3. dua baris pertama disebut sampiran, dua baris berikutnya 
    disebut isi
4. bersajak ab-ab
5. isi pada umumnya merupakan curahan perasaan
6. tiap bait berdiri sendiri kecuali pada pantun berkait


b. contoh pantun:


1. pantun nasihat 

a. kulit lembut celupkan semak
    mari dibuat tapak kusut
    harta dibuat janganlah tamak
    kalau mati tidaklah mengikut

b.jalan-jalan kepasar johar
    jangan lupa membeli duku
    jika kamu ingin pintar
    jangan lupa membaca buku


2. pantun muda-mudi


a.segala pandan yang kita kerat
    kerat diikat dan diregang
    segala apa yang kita buat
    untuk adiku kasih seorang

b.kalau ada sumur diladang
    boleh kita menumpang mandi
    kalau ada umur panjang
    tentulah kita berjumpa lagi


3. pantun keagamaan atau ajaran hidup


a.asam gandis asam gelugur
    ketiga asam riang-riang
    menangis badan dipintu kubur
    teringat badan tidak sembahyang

b.kalau tuan mandi ke hulu
    ambilkan saya bunga kamboja
    kalau tuan mati dahulu
    nantikan saya dipintu surga


4. pantun jenaka


a.jalan-jalan ke borobudur
    jangan lupa membeli jenang
    kalau kalian ingin terhibur
    dengarkan saja kami berdendang

b.bila kucing sakit perut
    tikus-tikus menari-nari
    bila abang selalu cemberut
    adik tak mau datang kemari



4. SYAIR


kata syair berasal dari kata syuur (bahasa arab) yang berarti perasaan.

a. ciri-ciri syair:



1. tiap bait terdiri dari empat baris
2. tiap baris isinya saling berhubungan
3. bait-baitnya tidak berdiri sendiri
4. tiap bait bersajak aa-aa
5. isi keseluruhanya merupakan cerita


b. contoh syair:

1. ya illahi khalikul bahari
    nasib kumalang tidak berperi
    ditinggalkan suami seorang diri
    bakan sengsara sepanjang hari

2.diriku hina amatlah malang
    padi ditanam tumbuh ilalang
    puyuh disangkar jadi belalang
    ayam ditambat disambar elang



5. TALIBUN


 a. ciri-ciri talibun:

1. tiap bait terdiri lebih empat baris tetapi harus genap
    (misal 4,6,8,..dst)


b. contoh talibun:



1.ramai-ramai disurau gadang
    surat jatuh kebalik tabir
    pipit senandung makan padi
    selama tuan dirantau orang
    obat jauh penyakit mampir
    sakit ditanggung seorang diri

2.siapa berlayar ketepian
    jangan dahulu balik pulang
    rusa terdampar dalam lembah
    ekornya hitam kenabara
    kakanda berlayar kelautan
    banyak memetik bunga kembang
    adinda tinggal di tengah rumah
    tidur berurai air mata




II. PUISI BARU


kota boston lusuh dan layu karena angin santer, udara jelek, dan malam larut yang celaka
didalam kafe itu seorang penyanyi negro tua bergitar dan bernyanyi
hampir-hampir tanpa penonton
cuma tujuh pasang laki dan wanita mengempulkan asap rokok, kelabu
seperti tungku-tungku yang menjengkelkan

          ia bernyanyi
          suaranya dalam 
          lagu dan kata ia kawinkan
          lagu beranak seratus kata
          georgia, georgia yang jauh
          disana gubug-gubug kaum negro
          atap-atap yang bocor
          cacing-cacing tanah yang pellagra
          georgia yang jauh yang disebut dalam nyanyinya

orang orang berhenti bicara
dalam kafe tak ada suara
kecuali angin menggetarkan kaca jendela
georgia
dengan mata terpejam
si negro menegur sepi
dan sepi menjawab
dengan sebuah tendangan jitu
tepat diperutnya


karya : W.S Rendra




A. PARAFRASE

1. Bait (1) :
kota boston menjadi sangat kotor dan hilang keindahanya karena angin menerbangkan kotoran kemana-mana. badai yang sebentar lagi menurunkan hujan salju itu membuat malam yang sudah larut akan menjadi sepi. hal itu disebabkan orang-orang takut keluar rumah mencari minuman penghangat di kafe-kafe didekat tempat tinggalnya karena khawatir terjebak oleh hujan salju yang dingin menggigil.


2. Bait (2) :
seorang penyanyi negro tua menyanyikan lagu yang penuh makna yaitu menggambarkan kemiskinan yan ada di lingkungan sekitarnya. rumah-rumah mereka hanya gubug dengan atap yang bocor pada waktu turun hujan dan hidupnya sangat kekurangan.


3. Bait (3) : 
suasana di kafe sangat sepi. yang terdengar hanyalah angin yang menggetarkan kaca jendela. namun begitu si negro tetap menyanyi walaupun dengan perut yang belum terisi atau lapar.



B. ANALISIS PUISI


1. Tema         : kemiskinan

2. Isi/makna : menggambarkan suasana kota georgia, sebuah kota 
                      yang banyak dihuni oleh orang-orang negro miskin 
                      di amerika serikat.

a.perbandingan atau perumpamaan : simile

bait 1 : kepulan asap rokok dibandingkan atau diumpamakan
           seperti tungku-tungku yang menjengkelkan.

b.perbandingan/perumpamaan : personifikasi

bait 3 : sepi menjawab dengan sebuah tendangan jitu
            tepat diperutnya.

4. Amanat/pesan : 

a.kita sebaiknya membantu orang yang miskin, kekurangan, 
    atau kelaparan.
b.kita harus selalu berbuat baik kepada orang lain.
c.kita harus mencintai sesama manusia.

5. Nilai :
a.Moral
b.Sosial



DOA
Kepada Pemeluk Teguh    


Tuhanku
Dalam termangu
Aku masih menyebut namaMu

Biar susah sungguh
Mengingat kau penuh seluruh

CahayaMu panas suci
tinggal kerdip lilin didalam sunyi

Tuhanku
Aku hilang bentuk
Remuk

Tuhanku
Aku mengembara di negeri asing

Tuhanku
Di pintu-Mu aku mengetuk
Aku tidak bisa berpaling


Karya : Chairil Anwar



A. PARAFRASE

1. Perbait:

Bait 1:
Dalam keadaan bingung dan sedih, manusia masih menyebut dan selalu ingat kepada tuhan.

Bait 2:
Tuhan merupakan cahaya dan terang bagi manusia.

Bait 3:
Dalam keadaan hancur lebur dan bingung tanpa tujuan, manusia juga selalu ingat dan menyebut nama Tuhan.

Bait 4:
Manusia selalu berdoa, berserah diri, dan tidak bisa lepas atau berpaling dari Tuhan.


2. Secara keseluruhan (paragraf)

Dalam keadaan bingung , sedih, hancur lebur tanpa tujuan, manusia harus selalu ingat dan menyebut nama Tuhan. manusia harus sadar bahwa Tuhan merupakan cahaya dan terang bagi manusia. oleh karena itu, kita harus selalu berdoa dan berserah diri kepada-NYA, sebab manusia tidak bisa lepas dan berpaling dari Nya dan tuhan adalah segala-galanya bagi manusia.



B. ANALISIS PUISI
1. Tema : ketuhanan (keagungan tuhan)
2. Isi     : menggambarkan bahwa manusia tidak bisa berpaling atau 
               tidak bisa melupakan tuhan.
3. Gaya bahasa/majas : a. repetisi (tuhanku, tuhanku, tuhanku,..)
                                       b. hiperbola (aku hilang bentuk remuk)

4. Amanat:
a. tuhan selalu melindungi dan memberkati umatnya.
b. tuhan selalu memberikan cahaya atau terang bagi manusia.
c. dalam keadaan apapun kita harus selalu ingat kepada tuhan.
d. kita harus selalu menjalankan perintah tuhan.
e. kita harus selalu kepada tuhan.

5. Nilai:
a. Religius/ketuhanan
b. Moral






III. PUISI KONTEMPORER (MODERN/MUTAKHIR)



SHANG HAI
(sutardji calzoum bachri dalam O amuk kapak, 1981)

ping diatas pong
pong diatas ping
ping ping bilang pong
pong pong bilang ping
mau pong? bilang ping
mau mau bilang pong
mau ping? bilang pong
mau mau bilang ping
ya pong ya ping
ya ping ya pong
tak ya pong tak ya ping 
tak ya ping tak ya pong
sembilu jarak
Mu merancap nyaring





SEPISAUSAPI
Karya : Sutardji Calzoum Bachri


sepisau luka sepisau duri
sepisau dosa sepukau sepi
sepisau duka serisau diri
sepisau sepi sepisau nyanyi 
sepisaupa sepisaupi
sepisapanya sepikau sepi
sepisaupa sepisaupoi
sepikul diri keranjang duri
sepisaupa sepisaupi
sepisaupa sepisaupi
sepisaupa sepi saupi
sampai pisauNya ke dalam nyanyi



Puisi kontemporer karya Sutardji Calzoum Bachri


Pengertian, Macam, Ciri-ciri, Contoh Puisi (Lama, Baru, dan Kontemporer)


puisi diafan disebut juga puisi transparan. artinya pembaca dapat dengan mudah mengetahui isi atau maksud puisi yang dibacanya. puisi-puisi angkatan pujangga baru termasuk puisi transparan. puisi-puisi mereka agak mudah di pahami.


kontemporer artinya kekinian atau modern,tidak terikat oleh aturan-aturan zaman dulu dan berkembang sesuai zama sekarang (modern). jadi. puisi kontemporer dapat diartikan sebagai puisi yang bebas dari lingkungan makna leksikal, sehingga deret kata atau kalimatnya sering tidak bermakna leksikal (makna kamus). bahkan kadang-kadang kata-kata yang digunakan tidak ada didalam kamus ataupun ujaran.




JENIS-JENIS PUISI KONTEMPORER


puisi kontemporer di bedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:


1. Puisi tanpa kata

puisi tanpa kata adalah puisi yang sama sekali tidak menggunakan kata sebagai alat ekspresinya. sebagai gantinya digunakan titik-titik, garis, huruf, atau simbol lainya.


2. Puisi mini kata

puisi mini kata adalah puisi kontemporer yang menggunakan kata dalam jumlah yang sangat sedikit dengan symbol lain seperti huruf, garis, titik, atau tanda baca lain.



contoh:

vvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvv
vvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvv
vvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvv
vvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvv
vvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvv
vvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvv
vvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvv
vvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvv
       v
! VIVA PANCASILA !


Karya : Jeihan



3. Puisi multi lingual

puisi multi lingual adalah puisi kontemporer yang menggunakan kata atau kalimat dari berbagai bahasa, baik bahasa daerah maupun bahasa asing.


contoh:


MAIN CINTA MODEL KWANG WUNG

om swastiastu

kaleo o kane : kahi, elua, ekolu !

ayolah kamboja terbang
ayolah burung berjalan
ayolah gelombang tidur
ayolah pasangan berpasangan-ayo !

ayo
ayo ayo

-aloha !

kaleo o kane : kahi, elua, ekolu !

kamboja jangan berhenti jadi kamboja
burung jangan berhenti jadi burung
gelombang jangan berhenti jadi gelombang
jangan ! jangan jangan
jangan

-mahalo
siang-malam, musnahlah beda kalian
laut-darat, musnahlah beda kalian
laki-perempuan-musnahlah beda kalian

half korean, half chinese, kawaiian american mideu-satus
persen wong lanang jawa yogya-indonesia
m u s n a h l a h b e d a k a l i a n

hoong
iblis laknat setan bekasakan
kanioyo temen awakku:

-kangen srengege mangka awan-awan
-rindu burung padahal di tengah ranjang
-yearning for the waves yet on the ocean


Karya : Darmanto Yatman



4. PUISI TIPOGRAFI

Puisi tipografi adalah puisi kontemporer yang memandang bentuk atau wujud fisik puisi mampu memperkuat ekspresi puisi. bahkan wujud fisik dipandang sebagai salah satu unsur puisi, sebagai suatu tanda yang memiliki makna tertentu, yang tidak terlepas dari keseluruhan makna puisi.


contoh:


MAUT
diam diamdiam diamdiam dia dia diamdiam diamdiam dia
diamdiam dia dia diamdiam diamdiam dia
dia diamdiam diamdiam dia

dia diamdiam
diamdiam
maut


Karya : Ibrahim Sattah



5. PUISI SUPRA KATA


Puisi supra kata adalah puisi kontemporer yang menggunakan kata-kata konvensional yang di jungkir balikan atau penciptaan kata-kata baru yang belum pernah ada dalam kosakata bahasa indonesia. puisi macam ini lebih mementingkan aspek bunyi dan ritme, sehingga merangsang timbulnya suasana magis (cenderung sebagai puisi mantra).


contoh:


Puisi jama gahari girisa

ya meraja jaramaya
ya marani niramaya
ya silapa palasiya
ya mirado rodamiya
ya midosa sadomiya
ya dayuda dayudada
ya siyaca cayasiya
ya sihama mahasiya

Karya : Sides Sudyarto DS



6. PUISI IDIOM BARU


puisi idiom barudibedakan dengan puisi konvensional terutama oleh penggunaan idiom-idiom baru yang terdapat didalamnya. puisi idiom baru tetap menggunakan kata sebagai alat ekspresinya, tetapi kata tersebut dibentuk dan diungkapkan dengan cara baru, diberi nyawa baru. digunakan idiom-idiom baru yang belum pernah dijumpai sebelumnya.


contoh:


Jadi

tidak setiap derita
                  jadiluka
tidak  setiap sepi
                  jadi duri
tidak setiap tanda
                  jadi makna
tidak setiap tanya
                  jadi ragu
tidak setiap jawab
                  jadi sebab
tidak setiap seru
                  jadi mau
tidak setiap tangan
                  jadi pegang
tidak setiap kabar
                  jadi tahu
tidak setiap luka 
                  jadi kaca
                         memandang kau
                                  pada wajahku!

Karya : Sutardji Calzoum Bachri 




7. PUISI MBELING


Puisi mbeling pada umumnya mengandung unsur humor, bercorak kelakar. dalam puisi ini sering terdapat unsur kritik, terutama kritik sosial. puisi mbeling tidak mengharamkan penggunaan suatu kata. semua kata mempunyai hak yang sama dalam penulisan puisi ini.


Contoh puisi mbeling:


SEBUAH PERINTAH
serbu..........
serbu..........
kota itu
dengan batu
sampai jadi abu
binasakan
semua
kecuali
mertuaku
yang dungu
dan lucu


Karya : Hardo Waluyo  





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Macam, Ciri-ciri, Contoh Puisi (Lama, Baru, dan Kontemporer)"

Post a Comment